Selasa, 13 Oktober 2020

 

Resume 4:  Pelatihan Menulis Gelombang 16

Moderator : Sri sugiastuti

Pemateri : Hamzah Ramdhani

Profil  Bapak Hamzah Ramdhani

TTL : Morowali, 22 Juni 1986

Tempat tugas : SMPN 2 Bumi Raya, Kab. Morowali, Sulteng.

Prestasi yang telah diraih adalah

1. Juara 1 Gurpres tingkat provinsi 2017 dan Finalis Gurpres Nasional 2017

2. Duta Rumah Belajar 2019

3. Pendamping Guru Penggerak

4. Instruktur Nasional kegiatan2 Rumah Belajar

5. Juara 2 Inovasi Pembelajaran Masa Pandemi tingkat Provinsi Sulteng 2020

6. Konten Kreator

Pengalaman Nara sumber 

Beliau pernah menjadi Finalis Gurpres merupakan salah satu hadiah terindah dari Allah SWT. Dri gurpres tersebut juga saya diutus ke China bersama Om Jay, pak Hakim, pak Ya Dedi, dan teman2 lainnya. Setelah Lulus dari Univ. Negeri Malang saya kembali ke kampung halaman. Karena saya ckup santai, sya mencoba mmbuat buku IPA panduan guru dan panduan siswa, buku tersebut saya buat selama 6 bulan lamanya. Tapi saya cukup puas karena buku tersebut digunakan oleh siswa saya setelah melalui berbagai tahap termasuk Validasi Expert dan validasi lainnya. Nah, tahun 2017 sya ditugaskan untuk mengikuti Pemilihan Gurpres. Dengan berbekal Portofolio yang sangat tipis dan penelitian2 ilmiah yang saya lakukan, serta buku IPA yang menurut sya full colour  sya mencoba mengikuti. Dan alhamdulillah saya terpilih menjadi juara 1 provinsi dan finalis nasional.

Upaya :

1. Tetap semangat belajar

2. Tidak pernah membuat target juara

3. Memaksimalkan kemampuan

4. Mengikuti semua alur kegiatan secara maksimal

5. Berdoa dan berserah diri

Diskusi Awal Materi 

" Video pembelajaran yang menarik " 

Pak  Hamzah Ramdhani pertama kali menampilkan sebuah Video Menarik merupakan pembelajaran yang memikat siswa. Video merupakan pengajar berperan sebagai dubbing pembelajaran di mana guru berperan sebagai pengajar yg langsung berada di depan kamera. Bp Hamzah membuka dengan metode diskusi dimana peserta memberi tanggapan Video beliau.

Analisa 1

Video 1: Suara jelas, animasi bergerak menarik, tulisan materi memperjelas konten, sehingga makin menarik.

Video 2: Suara kurang jelas, namun kita bisa melihat pengajar sehingga seperti bertatap muka.. Konten dan gambar juga sangat menarik

Analisa 2

Langkah-langkah membuat video pembelajaran

1. Analisis KI-KD

2. Memilih indikator yang akan dibuatkan video pembelajaran

3. Mengumpulkan aset video

4. Proses perekaman

5. Editing video pembelajaran

6. Review dan Revisi

Analisa 3

System gerak pada hewan bersesuaian dengan dimana hewan tersebut hidup dan beradaptasinya

Tata letak yang ditampilkan Pak Randhani sungguh sangat menarik dengan creator seperti itu memberikan daya rangsang ingin tahu terutama siswa itu sendiri, dan kita pesrta belajar menulis gelombang 16 ini diajak melayang-layang mengigat ingat pelajaran IPA yang pernah kita pelajri dulu ketuka masih SMA. Apalgi animasi yang ditampilkan sungguh bagus.

Sedangakn pada video 2 menampilkn keunggulan yang menarik dimana guru bisa tampil bersamaan dengan munculnya video tersebut

Analisa 4

Video 1: dubbing disertai gambar atau video memudahkan siswa untuk memahami materi. Sangat membantu siswa bahkan pd masa daring saat skrng ini.

Video 2: Sy hanya akan memgkritik tata letak penjelasan FRAGMENTASI. sepertinya posisinya kurang pas. Saat fokus anak2 pada gambar bisa sj penjelasan itu tdk terlihat krn anak cenderung melihat gambar.

Sisi positif: kedua video sangat membanti anak dom memahami materi

Isi Materi

Aset video merupakan objek yang berisi informasi-informasi yang dibutuhkan dalam video. Aset dapat berupa foto, gambar, atau video.

Untuk mendapatkannya ada beberapa cara

1. Melalui google

2. Melalui freepik.com

3. Melalui Youtube

 Jika menginginkan Gambar yang resolusi tinggi, bisa menggunakan keyword HD pada google. Atau bisa juga PNG. Aplikasi Editing video yang saya gunakan KineMaster. Agar mudah dalam proses rendering atau publish pastikan kita menggunakan yang full version (Resmi). Analisis Kompetensi Inti - Kompetensi Dasar. Tujuannya agar video yang dibuat sesuai dengan kurikulum yang berlaku

1. Semua video pembelajaran saya buat dengan HP

2. Tidak ada aplikasi editing video yang terbaik, yang terbaik adalah yang kita kuasai

https://youtu.be/0fvFWRkzghU

Dalam pembuatan video pendek jenis dokumenter ini hal penting yang perlu diperhatikan adalah teknik pengambilan gambar.

Saya sangat berbahagia bisa berbagi pada forum yang luar biasa. Terus terang beberapa hari ini sya banyak belajar dari Bapak Ibu. Sya membaca resume demi resume yang bapak ibu buat. Semoga kita tetap semangat dalam menjalankan amanah sebagai pendidik untuk mencerdaskan anak bangsa. Mari bersama-sama mengumpulkan bekal kebaikan.

Kebanyakan animasi itu saya jahit pak.. sya kumpulkan dri beberapa aset free. Nah, jika tidak ada animasi yang mendukung, saya biasanya membuat sendiri dengan menggunakan teknik-teknik pada menu tulisan tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NASI BERKAT

                                              Taliwang, 28  Februari 2021 NASI BERKAT Karya : Hj. Endah Ekowati, S.Pd                   ...