Senin, 07 Desember 2020

RESUME 28 : PELATIHAN MENULIS GELOMBANG 16

Moderator :  Aam Nurhasanah dari Lebak

Narasumber :  Khamdan Muhaimin, S.Pd, Gr. 

Beliau adalah seorang Juara Guru Inspiratif tingkat SMP. Ucapan terima kasih atas kesempatan oleh om jay untuk berbagi pengalaman bertugas di daerah terpencil. Beliau kenal om jay lewat group wa Guru SMP Inspiratif  2020, beliau sebenarnya agak minder juga untuk menjadi narasumber karena masih minim prestasi. Tetapi om jay bilang yang penting mau berbagi itu sudah luar biasa. Dan akhirnya beliau bisa bersilaturahim dan berbagi pengalaman dengan Bapak/Ibu Guru Hebat...

Beliau adalah  Khamdan Muhaimin, S.Pd, Gr. Saya Bertugas di SMPN 5 Sambi Rampas Kab. Manggarai Timur, Provinsi NTT. Tetapi beliau asli Banjarnegara, Jawa Tengah. Bertugas di daerah 3t (terdepan, terluar dan tertinggal). Tentu bapak/ibu sudah bisa membayangkan kondisi daerah terpencil. Beliau bercerita sedikit tentang kondisi tempat tugas tidak ada Listrik, air susah, mata pencaharian orang tua berkebun yang hasil panennya satu tahun satu kali, menuju ibu kota kab. 4 jam.Beliau menikmati karena dengan menikmati dan mensyukuri proses kehidupan ini semua terasa ringan. Bertugas di daerah terpencil sejak tahun 2015 sampai sekarang.Beliau founder rumah belajar garis inspirasi yang berdiri sejak 2016 sampai sekarang

Beliau mulai menulis tahun 2016. Menulis tentang berbagai  tantangan dan solusi menjadi pendidik di daerah 3t. Pertama kali menulis langsung membawakan saya menjadi finalis (10 ) besar kegiatan Simposium GTK 2016 di Jakarta yang diselenggarakan oleh Kemdikbud RI.

Beliau menulis karena  ingin Pendidikan di daerah khusus atau daerah terpencil yang masih serba kekurangan dari berbagai akses dapat diperhatikan oleh pemerintah. Dan beliau berharap dengan menulis tentang perjalanan atau tantangan bertugas di daerah 3t dapat memotivasi para guru-guru yang berjuang di garis depan daerah terpencil supaya para pendidik semangat  berinovasi dan  menginspirasi di walaupun di daerah terpencil. Prestasi terakhir kemarin di nobatkan menjadi Guru SMP Inspiratif Tingkat Nasional 2020 yang diselenggarakkan oleh Dirjen GTK Kemdikbud di Hotel Serpong, Tangsel. Semoga berikutnya Bapak/Ibu hebat akan mendapatkan apresiasi. aamiin

Beliau menyampaikan Yang beliau sampaikan adalah sedikit dari apa yang beliau lakukan, beliau yakin disini pasti banyak guru-guru hebat yang terus berjuang demi kemajuan Pendidikan di Indonesia khususnya di daerah 3t. Salam dari NTT. 

Beliau mau ditempatkan di daerah 3t :

1.  Karena beliau mempunyai jiwa perantau yg tinggi pak didi dan saya mengikuti program SM3T yang di selenggarakan oleh kemdikbud RI

2. Kalo susahnya ada jauh dg keluarga pak, itu yg berat.

3. Saya merasa puas pak dan lega jika bisa membantu siswa/warga yg betul-betul membutuhkan layanan pendidikan

4. Selama kita ada niat dan kemauan yg kuat tidak mudah menyerah pasti ada jalan pak untuk tetap menulis berkualitas yang membuat saya semangat dalam mengabdi adalah karena tadi ya saya sudah biasa merantau dan mengabdi di daerah 3t, kemudian kecintaan saya terhadap NKRI karena kita disumpah siap ditempatkan diseluruh wil.NKRI dan pengabdian yang tulus akan di balas oleh Tuhan

Saya melakukan berbagai kegiatan di bidang pndidikan dan sosial kemasyarakatan didaerah 3t, salah satu contoh adalah membuat rumah belajar dirumah, karena anak-anak selesai sekolah, langsung ke kebun pulang malam terus tidur, sehingga tidak ada waktu untuk blajar, maka saya mndrikan rumah belajar, untuk anak2 beljr membaca buku, les matematika, akses internet gratis, latihan laptop dll.

Selain itu saya menjadi relawan pendidikan di daerah 3t, membagikan buku tulis, buku bacaan, flasdisk pembelajaran, seragam sekolah. Di masa pandemi ini anak-anak dan masyarakat tidak bisa mencuci tangan , karena akses air sulit maka saya membuat 4 bak penampung air dan 2 sumber mata air. Donatur berasal dari teman2 di jawa 

Kondisi tempat di daerah 3t

1. Akses rumah belajar di lingkungan masyarakat  untuk anak-anak SD, SMP dan SMA. Saya bermain peran ganda bu, bahkan saya pernah BK, ips, seni budaya dan agama islam, karena memang kekurngan guru, banyak guru yg mutasi ke kota, paling lama 1 th di tempat kmi mengabdi setelah itu mereka pindah

2. Saya dua - duannya pak, kemarin saya ambil tema pendidikan dan sosial kemasyarkatan di daerah 3t.

3. Layanan di derah 3t tetap kmi laksanakan setelah melakukan asesmen bu, kenakalan disini tergolong ringan, tidak ada kenalakan berat, bidang bimbingan belajr dsini lebih ditekankan, saya bisa membedakan karena sebelum ksni saya juga sdh pernah mengajar di SMK di Jawa.

4. Beliau datang ke tempat tugas melihat kondisi anak-anak yg tidak pernah belajar, tidak bisa laptop, tidak bisa internet, membuat saya terenyuh, apa kita saja (permisi) org yg berada diperkotaan yg bisa maju maka saya membuat rumah belajar sebagai rumah kedua untuk anak-anak bermain dan belajar. Karena mereka membutuhkan itu di masanya bukan untuk bekerja. Pelan-pelan saya buat proposal pengajuan buku bacaan, buku tulis, alat permainan dll alhamdulillah terjawab, tetapi jika ada kriman buku saya harus mengambil 6 jam pp ke kantor pos.

5. Beliau tidak mau pindah ke kota, karena tidak tega melihat wajah anak-anak yang masih membutuhkan kita. Dan pemerintah daerah juga harus membuat regulasi supaya ada batas miniml mengbdi dibdaerah 3t.

6.  Di daerah 3t itu banyak sekali tantangan yg harus dihadapi tidak hanya di lingkungan sekolah, dilingkungan masyarkat kita harus peka terhadap maslah yg dihadapi masyarkat dan klo kita bisa membantu maka bntulah. Orang-orang di daerah 3t harus mempunyai, effort yg kuat, solutif dan tidak mudah menyerah.

7. Guru Inspiratif ini  ini saya membutuhkan waktu kurang lebih 8 jam PP, untuk menulis naskah apresiasi ini dan harus dikota yang stabil listriknya dan stabil sinyalnya. Hari berikutnya saya juga harus memperesentasikan karya di depan dewan juri saya juga harus ke kota lagi.

8. Di lingkungan sekolah saya membuat gebrakan untuk pertama kali di kab. Manggarai Timur membuat ujian offline pertama kali di daerah 3t dan pemilihan ketua osis offline menggunakan tablet bantuan kemdikbud sebanyak 27 tablet, laptop, lcd dan PC, bagi bapak/ibu mungkin biasa tapi bagi kami disini istimewa. karena dengan berbagai kendala kita bisa menyelesaikannya perlahan-lahan

9. Persyaratannya dari administasi sampai  deskripsi karya kita yang sudah dilakukan, deskripsi saat ini dan deskripsi yg akan datang. Biasanya ada panduanya bu dari Kemdikbud RI karya yang saya tampilkan adalah yg sudah saya lakukan sejak 2016 sampai sekarang. Buatlah karya yang inovatif dan buat karya yang dapat menginspirasi. 

Potensi yang dapat di gali di daerah 3t antara lain : 

1. Potensi yang dapat di gali adalah sumber daya manusia nya bu, sebenarnya mereka bisa dan ada juga yang mempunyai kemauan tinggi untuk belajar, tetapi sekali lagi kendala berbagai akses yang menghambat. 

Contoh:  Jika berkunjung ke suatu kampung, dstu tidak ada sarjananya, karena apa, karena mereka sulit untuk mengakses kemudahan2 dalam pendidikan. Mereka sibuk memikirkan bagimana kita bisa bertahan hidup. Tugas kitalah memberikan pencerahan tentang pendidikan supaya mereka menjadi manusia yang berkualiatas.

2. Kendala yang dihadapi dengan effort yang kuat jangan mudah menyerah. Klo ada 1 cara  belum berhasil, masih ada 1000 cara untuk menyekesaikannya..

Kesimpulan :

Apa yang bisa beliau bagikan pengalaman menjadi guru di daerah 3t, semoga bapak/ibu yang berada di perkotaan dg segala kemudahan yang bisa didapatkan dapat berinovasi dan meginpirasi orang lain. Dan yg berada di daerah 3t tetap semangat apapun kendalanya cari jalan, jalan 1 tidak bisa masih ada 1000 jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NASI BERKAT

                                              Taliwang, 28  Februari 2021 NASI BERKAT Karya : Hj. Endah Ekowati, S.Pd                   ...