Rabu, 21 Oktober 2020

RESUME 8 PELATIHAN MENULIS GELOMBANG 16

 Moderator :  Bambang/Mr.Bams/AyahSalwa

Pemateri     :  Noralia Purwa Yunita


Noralia Purwa Yunita, biasa dipanggil Nora, asli Kudus tapi sekarang menetap di Semarang ikut imam alias suami . Keseharian Beliau sebagai guru, ibu dari 2 balita dan istri tentunya

Ini adalah beberapa karya beliau  yang sudah terbit semasa pandemi ini

Bisa dikatakan wabah ini menjadi berkah untuk beliau karenabeliau bisa memulai lagi utk berkarya

Selain buku, ada beberapa artikel yang juga terbit di media cetak

Artikel kedua di majalah pendidikan geliat gemilang Bandung. Tentunya karyabeliau ini tidak lepas dari tangan dingin om Jay karena beliau dapat menghasilkan beberapa karya berkat ikut pelatihan ini juga. Dulu di gelombang 8 dan Alhamdulillah sekarang masih aktif berkarya juga. Ada 3 buku yang sedang proses pembuatan. D imuat di majalah pendidikan aksioma , Buku Pusaka Guru 

https://terbitkanbukugratis.id/thamrin-dahlan/10/2020/mulai-saat-ini-panggil-saya-guru-bukan-dosen

Buku solo berjudul kiat menulis modul berbasis riset hasil dari pengubahan tesis menjadi buku. Buku kedua seri ekoji academy kolaborasi dengan prof Eko berjudul Gamifikasi, belajar menyenangkan seasyik bermain game Dan buku antologi dengan siswa berjudul aku dan corona

Semuanya sedang dalam proses pengerjaan, semoga sebelum akhir tahun dapat terselesaikan.amin

Tentunya banyak kendala yang beliau temui selama proses pengerjaan beberapa buku tersebut Apalagi di masa Pandemi seperti sekarang, bapak ibu juga merasakan bagaimana kita lebih disibukkan dengan segala jenis kegiatan pembelajaran, karena saya merasa daring jauh lebih banyak persiapan daripada tatap muka 

Kendala utama bagi penulis :  

      Skala prioritas menjadi pilihan saya agar semua pekerjaan terselesaikan

      Malas dan jenuh menjadi masalah kedua, dan hingga sekarang pun masih menghinggapi/ Karena beliau  tipikal orang yang jenuh jika mengerjakan kegiatan yang sama berulang. Akhirnya jika penyakit itu menghinggapi, saya beralih ke kegiatan lain sebagai refreshing. Biasanya nonton film, jika tidak baca novel online atau apapun yg membuat saya nyaman. Jika baterai semangat sudah penuh, langsung tancap gas untuk kembali berkarya. Tetapi jangan biarkan keadaan ini berlarut2, cukup 1-2 hari untuk bersantai, lalu kembali on berkarya. 

3.     Krisis ide menjadi kendala ketiga . Jika sudah seperti itu saya terapkan jurus bapak Akbar Zainuddin, karena segala sesuatu yang kita rasa, kita lihat dapat dijadikan ide Contoh nya, ketika kita nonton film, mungkin ada sesuatu yang kita rasakan setelah menonton acara tersebut, ini dapat dijadikan bahan tulisan. Kita rekreasi, juga bisa dijadikan bahan tulisan. Kita bisa ulas bagaimana indahnya tempat tersebut dan lain sebagainya

4.     Kendala keempat masalah perbendaharaan diksi. Jika beliau sudah mentok kosa kata, biasanya beliau baca artikel orang lain,atau membaca novel. Karya apapunbeliau baca karena dengan banyak membaca, akan memperkaya diksi kita.

5.     Lalu yang terakhir, biasanya kita takut menulis karena takut salah. Ini beliau alami ketika di awal bergabung di grup menulis dengan om Jay, tetapi om Jay meyakinkan bahwa tulis saja dulu apa yang kita pikirkan, jangan permasalahkan EYD atau kaidah kebahasaan yang lain.cukup tulis hingga selesai

6.     Jika sudah,baca berulang lalu lakukan editing sesuai kaidah. Jika dari awal kita sudah memikirkan EYD dan yang lain, maka tidak akan terwujud tulisan

Ini beberapa contoh tulisan Ibu Nora :

-          https://noraliapurwa.blogspot.com/2020/05/eksotika-pantai-bandengan-jepara.html

-          https://noraliapurwa.blogspot.com/2020/05/memahami-dunia-anak-lewat-tontonan.html

-          https://noraliapurwa.blogspot.com/2020/06/menjadi-orang-tua-kedua.html

Intinya, apapun yang kita rasakan dan pikirkan, dapat diubah menjadi sebuah tulisan, karena beliau yakin, tidak ada yang tidak bisa menulis, karena menulis bagi beliau sama dengan berbicara. Bedanya hanya dituangkan lewat tulisan

Contoh :

Buku seri ekoji academy merupakan buku hasil kolaborasi dengan prof Eko Indrajit, beliau merupakan salah satu narasumber di gelombang 8. Semoga nanti gelombang 16 juga akan bertemu dengan prof Eko juga. Ketika itu beliau menawarkan kepada kami para peserta untuk menulis buku bersama. Tema mengambil dari channel YouTube beliau. Tidak banyak yang mengambil tantangan ini. Hanya 11 peserta yang mampu terbit bukunya setelah berjuang selama 1 bulan proses penulisan, bimbingan dan editing. Akhirnya buku kami ber 11 dapat terbit di penerbit mayor Andi offset. Pencapaian awal yang luar biasa menurut beliau, pertama kalinya menulis langsung dapat terbit di penerbit mayor.

Kiat dari beliau :

1.     Gunakan project based learning. Tetapi menggunakan bahan2 yang ada di sekitar siswa. Misal untuk reaksi redoks, siswa diajak untuk membuat proses fermentasi, koloid dapat membuat es krim,dan lain-lain. Penggunaan laboratorium virtual juga menyenangkan.ada banyak aplikasi yang dapat digunakan. Crocodile chemistry contohnya, ibu dapat melakukan kegiatan praktikum meskipun secara Maya. Anak2 pasti suka kegiatan praktek ini.

2.        Niat untuk mau menulis harus ada, tentunya harus dipaksa juga karena jika hanya ada niat tetapi tidak ada kemauan kuat alias pemaksaan, maka kata MAU tidak akan terwujud.

3.       Gemar membaca, pasti sangat penting keberadaan buku ini. Karena kalau sudah suka, pasti akan dicari berapapun harganya, tetapi jika tidak suka ya sudah. Banyak membaca tentunya, karena kegiatan menulis selalu beriringan dengan membaca.

4.       Fokuskan ingin membuat karya apa dulu, apakah itu fiksi atau non fiksi. Jika ibu ingin menulis karya fiksi seperti novel, cerpen, dll, perbanyak membaca buku jenis tersebut. Nantinya akan keluar ide dari kegiatan membaca. Begitu pun juga untuk penulisan karya non-fiksi.tentukan tema yang akan ditulis, cari referensi baik dari buku sejenis atau jurnal ilmiah, lalu baca, kemudian tulis.seperti itu

5.       Harus bisa membagi waktu, Pagi beliau mengajar hingga siang atau sore.jika ada waktu luang di sela mengajar dan tidak ada kegiatan atau persiapan untuk KBM berikut nya sudah selesai, saya akan lanjut menulis. Malam waktu dengan keluarga hingga anak2 tertidur.selanjutnya saya fokuskan untuk menyelesaikan penulisan, persiapan KBM atau tugas lain rentang waktu jam 9-12 malam.kadang jika.sudah lelah, saya tidur bareng dengan anak2, namun nantinya jam 2 pagi hingga subuh bangun untuk menyelesaikan apa yang belum dikerjakan malam hari.Tentunya pekerjaan rumah tangga tetap saya prioritaskan di sela2 penyelesaian segala tugas, karena sebagai ibu dan istri itu adalah tugas utama.

6.       Untuk tips agar tulisan cepat berhasil hanya satu.FOKUS pada tema itu hingga selesai. Ibu Nora juga berkolaborasi dengan siswa beliau yang benar-benar menyukai bidang penulisan, dan motivasi beliau  adalah ketika tulisan mereka selesai, beliau akan bukukan karya itu, sehingga masih muda sudah punya buku sendiri.namun,untuk siswa lain, masih dalam proses untuk bisa diajak menulis. Karena memang kegiatan menulis tidak semua orang  mau melakukannya. akhirnya saya berikan kegiatan untuk literasi, baik itu literasi buku, video, film, atau yang lain.

Beliau  selalu salut dengan bapak ibu yang mengajar di tengah keterbatasan. Pasti daya kreativitas nya lebih dari guru lain. Menurut beliau, menggunakan pembelajaran dengan lingkungan sekitar dapat diterapkan. Misal untuk mapel sains, anak dapat diberikan modul yang didalamnya ada kegiatan saintifik. Seperti belajar materi ekosistem dari sungai, sawah, ladang atau tempat lain. Anak pasti suka melakukan pembelajaran jika berbarengan dengan kegiatan eksplorasi.  Atau mungkin diberikan proyek membuat suatu karya yang bahannya dapat ditemukan di sekitar. Misal belajar proses gunung api meletus, anak diberikan langkah pembuatan karya tentang gunung api meletus, pasti mereka suka. Karena pada dasarnya siswa akan suka dengan pembelajaran yang hands on daripada minds on saja  Yang terpenting dari penulisan buku adalah outline. Tuliskan dulu outline nya. Outline menjawab pertanyaan what yaitu apa, why yaitu mengapa bisa berarti pentingnya, manfaat, tujuan dan how yaitu bagaimana bisa berarti aplikasi, penerapan, bagaimana cara/model/metode dan lain sebagainya. Jika kita sudah punya outline, pastikan tulisan tidak keluar dari outline itu. What dan why untuk bab awal (pembuka) How untuk bab isi Biasanya diberikan contoh penerapan untuk bab terakhir (penutup)

Target menulis beliau wajib 1 bulan selesai agar saya tidak bosan. 30 hari itu beliau bagi ke dalam bab2 yang sudah beliau tuliskan di outline. Misal saya punya 5 bab, berarti dalam waktu 6 hari harus selesai 1 bab + editing  ,jadi 30 hari selesai 5 bab/

https://www.youtube.com/channel/UCLwarYhfDygjvFIpwLZJA_w

Ini adalah Channel YouTube beliau, semua karya siswa dan materi mengajar neliau, ada disitu.

Motivasi dari beliau :

1.       Berkarya ketika waktu luang itu biasa, namun berkarya di tengah kesibukan yang luar biasa, itu baru istimewa.

2.       Jaga  NIAT, PAKSA dan MAU, satu persatu karya akan lahir

1 komentar:

NASI BERKAT

                                              Taliwang, 28  Februari 2021 NASI BERKAT Karya : Hj. Endah Ekowati, S.Pd                   ...